Rabu, 02 September 2009

Ducati Belum Menyerah Memburu Pedrosa


AKARTA, KOMPAS.com - Ducati masih terus berusaha mencari pebalap baru yang cocok menjadi tandem Casey Stoner pada MotoGP musim 2010 nanti. Karena itu, tim asal Italia tersebut tak menyerah untuk memburu Dani Pedrosa walaupun Honda telah mengumumkan pebalap asal Spanyol itu masuk skuadnya untuk musim depan.

Hal itu dikatakan bos Ducati Livio Suppo. Dia mengaku, mereka belum menyerah untuk mengejar Pedrosa sebelum sang pebalap menandatangani kontrak baru bersama Honda.

Sebenarnya, bulan lalu presiden HRC Honda Tetsuo Suzuki sudah mengumumkan mereka tetap memakai Pedrosa dan Andrea Dovizioso untuk musim 2010. Tetapi, Pedrosa yang dikabarkan akan terdepak dari tim asal Jepang itu belum menandatangani kontrak baru, karena mereka (Pedrosa dan Honda) baru mencapai kesepakatan "dasar".

Nah, inilah celah yang akan dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh Ducati. Setelah gagal menggaet Jorge Lorenzo yang memilih untuk tetap membela Fiat Yamaha--meskipun Ducati menawarkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan Yamaha--, Ducati melirik Pedrosa.

Performa Nicky Hayden dinilai tidak memuaskan. Sejak masuk skuad Ducati pada awal musim ini, mantan juara dunia 2006 tersebut gagal menunjukkan prestasi membanggakan, kecuali akhir pekan lalu di GP Indianapolis di mana untuk pertama kalinya dia naik podium nomor tiga.

Meskipun Suppo mengaku senang dengan pencapain mantan pebalap Honda--bekas rekan setim Pedrosa--, tetapi dia sadar, hanya empat pebalap, yaitu Stoner, Pedrosa, Lorenzo dan Valentino Rossi, yang berkompetisi ketat untuk memperebutkan gelar juara dunia 2009.

Itulah alasan mengapa Ducati tetap berupaya mengejar dan menggaet Pedrosa. Jika berhasil, maka hampir dapat dipastikan Hayden yang terdepak, sehingga Pedrosa akan jadi tandem Stoner yang sudah absen di dua seri (Brno, Indianapolis) dan juga bakal absen di Misano, karena sedang dalam masa pemulihan akibat sakit misterius.

"Kami sangat bahagia dengan podium Nicky," ungkap Suppo kepada televisi Italia1. "Kami agak beruntung dengan dua kecelakaan, tetapi memang dia juga telah berusaha keras untuk meraih hasil bagus karena dia tidak pernah menyerah. Dia selalu yakin, dan motor juga telah diperbaiki.

"Seperti yang baru saja saya katakan: di sana ada empat orang di olahraga yang berbeda (Rossi, Lorenzo, Stoner, Pedrosa). Satu dari mereka belum menandatangani kontrak. Karena itu, satu tempat untuk Nicky selalu didapatkan."

1 komentar: